Dampak Banjir Masyarakat Menderita, Gubernur Kepri Berharap Warganya Sabar

Banjir di Tanjungpinag, Minggu (3/1/2021). (Foto: Istimewa)

MIMBARPUBLIK.COM, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto, berharap masyarakat bersabar menghadapi musibah banjir dan tanah longsor di Tanjungpinang.

“Kami atas nama Pemerintah juga tidak akan tinggal diam dan berusaha semaksimal mungkin membantu kebutuhan di lapangan,” ucapnya saat mengunjungi salah satu lokasi evakuasi warga sementara, Minggu (3/1/2021).

Ia menyampaikan, Pemprov Kepri melalui Dinas terkait seperti, Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga telah saling koordinasi untuk pemberian bantuan untuk masyarakat. Sedangkan untuk jalan yang rusak, dari Pemprov melalui Dinas PU akan bekerjsama dengan Pemkab Bintan untuk perbaikannya. 

“Semoga bencana ini cepat berlalu, dan warga dapat kembali ke rumah dengan aman,” harapnya.

Selain itu, sebagai langkah awal untuk penanggulangan, Isdianto, meminta personel TNI/Polri serta BPBD untuk tetap siap siaga membantu masyarakat yang terdampak.

“Untuk rumah yang terdampak, akan dibantu oleh petugas untuk membersihkan rumahnya. Apabila kondisi ini terus berlanjut, saya harap bapak/ibu jangan tinggal di rumah dulu, pindah dulu ke tempat yang aman, sampai banjir ini benar-benar reda,” katanya kepada masyarakat di lokasi.

Isdianto juga mengingatkan kepada petugas penanggulangan bencana untuk memperhatikan kapasitas dan kelayakan fasilitas pendukung seperti sanitasi, MCK, hingga pelayanan kesehatan bagi warga yang terdampak bencana.

“Kita buat masyarakat senyaman mungkin dan mendapatkan fasilitas yang sepatutnya. Layani warga kita dengan baik,” harapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur bersama ditemani Sekdprov Kepri dan sejumlah kepala OPD mengunjungi beberapa lokasi yang terdampak bencana. Di antaranya, banjir di Yudowinangun, longsor di puncak Bukit Cermin dan Hang Lekir, serta melihat secara langsung tempat penampungan warga dan dapur umum di Aula Kantor Dinas Sosial Tanjungpinang dan di Masjid Baiturrahman Batu XIII, Tanjungpinang.