Laptop Premium Buatan Huawei Bakal Jadi Primadona Baru

Ilustrasi
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Huawei dilaporkan tengah mengembangkan sejumlah PC Desktop dan laptop dengan dukungan chipset karyanya, HiSilicon ARM. Hal ini ditegaskan oleh bocoran informasi yang beredar di Weibo, mengungkap sejumlah spesifikasi utama dari laptop terbaru Huawei.

Salah satu hal utama yang diungkap dalam bocoran informasi dari jejaring sosial asal Tiongkok ini yaitu dukungan chipset Kirin 990. Chipset tersebut didampingi oleh RAM berkapasitas 8GB dan ruang penyimpanan SSD 512GB, serta mengusung layar beresolusi 1080p.

Laptop tersebut dilaporkan akan menggunakan sistem operasi Deepin OS 20 berbasis Linux, namun diperkirakan akan beralih ke sistem operasi karya Huawei, HarmonyOS di masa mendatang. Perangkat ini mengusung nama Qingyun L410 diharapkan menjadi versi lebih terjangkau dari MateBook 14.

Selain itu, Qingyun L410 diperkirakan akan mengusung peningkatan dalam hal konektivitas, mengingat chipset Kirin 990 dilengkapi dengan modem 5G terintegrasi. Laptop ini juga diperkirakan akan tersedia terlebih dahulu di negara asal Huawei, Tiongkok, sebelum dipasarkan secara lebih luas.

Kehadiran laptop ini menjadi langkah Huawei dalam mengambil peluang yang muncul akibat peningkatan kebutuhan masyarakat akan perangkat ini selama periode pandemi, dan diperkirakan belum akan mengalami penurunan pada tahun 2021 mendatang.

Sebagai informasi, Lenovo dan HP menjadi dua perusahaan yang mendominasi pasar laptop pada tahun 2020, dengan menguasai 50 persen pangsa pasar pada kuartal kedua tahun ini.

Menurut laporan, Lenovo menduduki peringkat pertama dengan perolehan pangsa pasar sebesar 25 persen, sedangkan HP berada di urutan kedua dengan pangsa pasar sebesar 24,8 persen.

Sementara itu, urutan ketiga, keempat dan kelima dalam hal penjualan laptop global ditempati oleh Dell, Apple dan Acer. Mengutip Gizmochina, ketiganya memperoleh pangsa pasar sebesar 15,6 persen, 8,5 persen dan 6,7 persen.

Penulis : Tata