Fitur Download Youtube Premium ke Perangkat Lain Mulai Diujicoba

Ilustrasi | Foto : Istimewa
Ilustrasi | Foto : Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Raksasa aplikasi dunia Google sedang menguji metode yang memungkinkan pengguna YouTube Premium mengelola unduhan video di perangkat terpisah.  Melalui fitur di aplikasi YouTube versi Android bernama “Setelan offline lintas perangkat” yang memungkinkan pengguna memilih perangkat kedua untuk menyimpan video YouTube yang diunduh.

Hadirnya fitur ini awalnya ditemukan oleh AndroidPolice pada 2018 silam, sebagai bagian dari pembongkaran aplikasi.

Terbaru, fitur tersebut ditemukan sedang diuji coba oleh pelanggan YouTube Premium yang menggunakan versi stabil dan beta 15.49.34 dan 15.50.32, demikian dikutip dari Phone Arena, Senin (21/12).

Saat mengetuk daftar “Pengaturan offline lintas perangkat” akan muncul baris di mana pengguna dapat mengetik nama perangkat yang dipilih sebagai perangkat kedua.

Terdapat ‘sakelar’ yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur tersebut dan memungkinkan perangkat lainnya menerima video yang diunduh dari aplikasi YouTube.

Layanan YouTube Premium sendiri memberikan akses video bebas iklan dan memungkinkan pengguna untuk melihat video bahkan saat menggunakan aplikasi lain atau saat layar terkunci.

Pengguna juga dapat mengunduh video untuk dilihat secara offline nanti, seperti saat naik pesawat untuk ditonton selama penerbangan.

Langganan YouTube Premium juga dilengkapi dengan YouTube Music Premium yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu tanpa jeda.

Penulis : Tata