WhatsApp Tak Lagi Bisa Digunakan di Ponsel Lawas Mulai 2021

Ilustrasi WhatsApp | Foto Istimewa

Beberapa ponsel yang masih menggunakan versi Android di bawah 4.0.3 seperti HTC Desire, LG Optimus Black, Motorola Droid Razr dan Samsung Galaxy S2 terancam tidak bisa menggunakan WhatsApp.

Untuk model iPhone yang tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp adalah iPhone 4 dan generasi sebelumnya. Pengguna iPhone 4S, 5, 5S, 5C, 6, dan 6S harus memperbarui ponsel mereka ke iOS 9 atau yang lebih baru agar tetap bisa menikmati WhatsApp. Pengguna iPhone 6 dan 6S sendiri bisa memperbarui perangkatnya ke versi iOS 14 yang paling baru.

Selain dua sistem operasi di atas, WhatsApp masih bisa digunakan di ponsel tertentu dengan sistem operasi Kai OS 2.5.1 atau yang terbaru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

WhatsApp  saat ini tidak ada opsi untuk mentransfer histori chat antar platform, seperti dari iOS ke Android dan sebaliknya. Tapi mereka menyediakan opsi untuk mengekspor histori chat sebagai attachment email.

Untuk mengetahui versi sistem operasi di ponsel Android kamu, bisa dicek dengan cara membuka aplikasi Settings lalu cari menu About yang biasanya ada di bagian paling bawah. Kalau versi yang digunakan 4.0.3 atau lebih baru, WhatsApp tetap bisa digunakan.

Untuk pengguna iPhone, kamu bisa mengecek versi iOS yang digunakan dengan membuka Settings, lalu General dan pilih opsi About. Kalau versi yang ditampilkan adalah iOS 9 atau lebih baru, WhatsApp tetap akan mendapat dukungan di tahun depan.

Mulai awal tahun 2020, WhatsApp tidak bisa lagi digunakan di ponsel yang menjalankan Android 2.3.7 dan di bawahnya, serta iPhone dengan iOS 8 dan di bawahnya.