Singapura Mengijinkan Daging Ayam Buatan Pabrik Mulai Dijual

Produk daging buatan Eat Just | Foto: Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Singapura – Jika Anda makan ayam goreng di Kota Singapura, mungkin saja itu bukan dari ayam potong tapi daging buatan yang diproduksi di pabrik. Dua hari lalu, Badan Makanan Singapura (SFA) mengeluarkan persetujuan bagi Eat Just Inc.- perusahaan rintisan asal San Francisco untuk menjual ayam yang dibudidayakan di laboratorium.

Josh Tetrick, co-founder dan CEO Eat Just mengatakan kepada CNN Business, Rabu (3/12/20), daging ayam buatan itu akan mulai dijual luas di Singapura sebelum disebarkan ke seluruh dunia.

“Kita telah makan daging selama ratusan, ribuan tahun, selalu perlu membunuh hewan untuk dimakan – hingga sekarang. Harga daging ayam buatan ini setara dengan ayam premium,” jelas Josh.

Daging ayam itu dibudidayakan dalam bioreactor, suatu alat di mana reaksi biologis atau perubahan terjadi. Daging ini diklaim memiliki kandungan protein tinggi dan merupakan sumber mineral yang kaya.

Eat Just Inc, berencana untuk menjual produk dengan merek GOOD Meat. Eat J.

Tahun ini, terlepas dari gejolak ekonomi global yang dipicu oleh pandemi virus Corona, startup protein nabati, Impossible Foods, mendapatkan sekitar setengah miliar dolar dana segar dari investor kelas berat di Asia. Impossible telah meluncurkan produk daging sapi palsu di Hong Kong dan Singapura pada bulan Oktober, dengan harapan dapat memperluas jejaknya di seluruh Asia.Beyond Meat yang berbasis di California bulan lalu meluncurkan “daging babi” cincang tanpa daging asli di China.

Penulis: Tata