Philofest ID Menjadi Event Filsafat Festival Daring Pertama Berskala Nasional

PhilofestID, Festival Filsafat daring pertama di Indonesia berskala nasional | Foto: Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Jaringan kerja lintas komunitas filsafat se-Indonesia akan menggelar festival filsafat daring pertama berskala nasional dengan nama Philofest ID yang bertema “Dunia Setelah Pandemi: Filsafat dari Masa Depan”.

Acara ini akan berlangsung tanggal 7-13 Desember 2020 melalui media Zoom dan Youtube. Festival Philofest ID sendiri hadir sebagai respons terhadap minat masyarakat yang semakin antusias terhadap filsafat, terutama di masa pandemi COVID-19 ini, yang mengajak kita untuk mempertanyakan kembali makna dari kehidupan.

Philofest ID diisi oleh pakar-pakar filsafat seperti Karlina Supelli seorang filsuf dan salah satu astronomer perempuan pertama dari Indonesia, kemudian ada Berto Tukan penulis buku “Sudah Lama Tak Bercinta ada juga tokoh yang pernah bergiat di politik seperti Budiman Sudjatmiko dan Saras Dewi penyanyi sekaligus dosen filsafat Universitas Indonesia yang pernah terlibat dalam gerakan konser amal dan koin sastra untuk penyelamatan Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin karena adanya pemotongan anggaran operasional dari Pemrpov DKI di era Fauzi Bowo. Tentunya masih banyak ahli filsafat lainnya yang akan menjadi pembicara dalam acara Philofest ID ini.

Tujuan diadakannya Philofest ID selain sebagai respon minat masyarakat diantaranya adalah

  1. Meningkatkan sinergi antar unsur dalam ekosistem filsafat di Indonesia.
  2. Menciptakan atmosfer yang lebih kondusif untuk kegiatan berpikir kritis dan
    reflektif di Indonesia.
  3. Meningkatkan literasi filsafat dalam rangka pembangunan karakter masyarakat
    Indonesia.
    Dalam penyelenggaraan festival ini, Philofest ID menghadirkan program-program berkualitas
    dengan tiga hal pokok bahasan yakni:
  4. Tinjauan tentang tatanan hidup pasca-pandemi dari berbagai cabang kajian filsafat
  5. Perkembangan kajian setiap cabang filsafat di Indonesia dan agenda riset masa
    depan
  6. Dialog publik untuk memajukan ekosistem filsafat di Indonesia.

Penyelenggara Philofest ID adalah bentuk kolektif yang terdiri dari komunitas serta individu pegiat, aktivis, dan akademisi filsafat di Indonesia.

Kumpulan komunitas dan individu yang menjadi bagian dari Philofest ID antara lain adalah sebagai berikut:
Komunitas : A Being is Asking, Antinomi, Betang Filsafat, Ideasnacks, Kelas Isolasi, Logos ID, LSF Cogito, LSF Discourse, Masyarakat Filsafat Indonesia, Schole ID, dan Ze-no Centre for Logic and Metaphysics, dan
Individu : Albertus Joni, Alexander Aur, Amadea Svastika, Aprianti, Banin Diar Sukmono, Dika Sri Pandanari, Firmansyah Sundana, Jessica Layantara, Martin Suryajaya, Muhammad Adha Gozali, Nathanael Pribady, Samuel Jonathan, Syarif Maulana, Trio Kurniawan.

Festival ini terbuka untuk umum dan gratis, informasi acara tersebut bisa langsung ke media sosial Instagram/Twitter : @philofestid atau Website : philofest.id, kontak personal dapat menghubungi Whatsapp/SMS : 0812-8783-1999 Adha Gozali.

Penulis: Ara