Joe Biden Pilih Yellen Menjadi Menkeu Wanita Pertama AS

Janet Yellen akan menjadi menteri Keuangan Perempuan Pertama di AS bila jadi dipilih Joe Biden | Foto: Istimewa

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Presiden AS terpilih Joe Biden akan menunjuk Janet Yellen untuk memimpin departemen keuangan AS.

Janet Yellen akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi tersebut dalam sejarah AS.

Yelllen sebelumnya menjabat sebagai kepala bank sentral Amerika dan sebagai penasihat ekonomi untuk mantan Presiden Bill Clinton. Prestasinya di antaranya membantu mengarahkan pemulihan ekonomi AS setelah krisis keuangan 2007 dan resesi saat itu.

Pemilihan Yellen diyakini didorong oleh krisis besar dan rapuhnya ekonomi AS yang akan terjadi pada tahun mendatang. Kepala Departemen Keuangan akan ditugasi memimpin ekonomi Amerika keluar dari pandemi serta mempersempit jurang pemisah antara si kaya dan si miskin Mengutip dari CNN, Selasa (24/11/2020),

Yellen sosok yang suka melakukan terobosan. Sebagai Gubernur Federal Reserve dari 2014 hingga 2018, Yellen telah menjalankan tugasnya sebagai salah satu wanita paling kuat di dunia.

dengan terpilihnya Yellen sebagai menteri keuangan kemungkinan akan disambut oleh investor karena dia dikenal akan kemampuannya melihat pasar selama masa jabatannya memimpin The Fed.

“Janet Yellen brilian dan memiliki rekam jejak yang tidak bisa digoyahkan,” kata Greg Valliere, kepala strategi kebijakan AS di AGF Investments.

“Dia tampaknya populer di semua faksi, dari pasar keuangan hingga Main Street,” lanjut dia.

Sebagai ketua Federal Reserve AS, Yellen dikenal karena lebih memusatkan perhatian pada dampak kebijakan bank terhadap pekerja dan meningkatnya ketidaksetaraan di Amerika.

Sejak meninggalkan jabatannya pada tahun 2018, Yellen telah berbicara tentang perlunya pemerintah berbuat lebih banyak untuk melindungi ekonomi AS dari dampak pandemi virus corona.

Sumber: CNN, Detik