Prokes Corona Selama 8 Bulan Buyar Gara-Gara Rizieq Shihab

14
Suasana pesta pernikahan putri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta. (Foto: Istimewa)

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan pelanggaran protokol kesehatan dalam peringatan Maulid Nabi dan pesta pernikahan putri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta, merusak upaya pemerintah menegakkan prokes kepada masyarakat.

“Pelanggaran secara nyata dengan berkumpulnya ribuan orang sepekan terakhir ini bisa membuyarkan upaya delapan bulan terakhir,” katanya, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/11/2020).

“Sekali lagi penegakan protokol kesehatan di ibu kota merupakan kewenangan pemerintah provinsi DKI Jakarta berdasarkan hierarki kewenangan dan peraturan perundangan,” ucap Mahfud dalam konferensi pers, Senin (16/11/2020).

Mahfud menyatakan selama ini pemerintah telah berupaya mengendalikan pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Namun acara di Petamburan dinilai Mahfud telah menunjukkan pelanggaran secara nyata.

“Orang yang sengaja berkegiatan tanpa mengindahkan protokol kesehatan berpotensi menjadi pembunuh potensial,” ujar Mahfud.

Kerumunan yang muncul itu dikritik banyak pihak karena pemerintah dianggap abai. Padahal selama ini pemerintah telah melarang warga untuk berkerumun dan meminta untuk mematuhi protokol kesehatan.

Penulis: Tata

Connexer Pemerintah Kota Tanjung Pinang DPRD Batam DPRD Lingga Clorismen Indonesia