Mirip Film Armageddon, Asteroid Apophis Bisa Menghantam Bumi Tahun 2068

Asteroid Apophis Bisa Menghantam Bumi Tahun 2068 | Foto: Getty Images

MIMBARPUBLIK.COM, Jakarta – Sebuah asteroid raksasa kemungkinan bisa menghantam bumi pada tahun 2068, scenario pengalihan lintasan tampaknya harus dilakukan mirip seperti di film Armageddon.


Sebuah laporan baru menunjukkan sebuah asteroid yang dinamai Dewa Kekacauan Mesir, Apophis, mungkin mendekati Bumi pada tahun 2068. Para ilmuwan yang melacak asteroid tersebut telah menemukan bahwa asteroid tersebut telah melaju, berkat proses orbit yang disebut efek Yarkovsky.


“Pengamatan baru yang kami peroleh dengan teleskop Subaru awal tahun ini cukup baik untuk mengungkap percepatan Yarkovsky di Apophis,” kata astronom Dave Tholen, dari Universitas Hawaii, dalam sebuah pernyataan.


“Asteroid itu memang benar-benar ada. menjauh dari orbit gravitasi murni sekitar 170 meter per tahun, yang cukup untuk menjaga skenario dampak 2068 tetap berjalan,” tambah Dave Tholen, seperti dilansir popular mechanics, November 2020.


Apophis, yang ditemukan Tholen dan timnya pada tahun 2004, dijadwalkan untuk melewati Bumi pada tahun 2029 juga. Untungnya, perhitungan telah menunjukkan bahwa tidak ada kemungkinan ia akan menghantam planet kita saat itu.


Selama pendekatan jarak dekat 13 April 2029, Apophis akan berayun begitu dekat dengan Bumi sehingga asteroid selebar 1.000 kaki akan melewati antara planet kita dan jaringan satelit komunikasi. Inilah bagian yang paling meresahkan, saking besarnya asteroid itu akan terlihat dengan mata telanjang dari bumi.


Untuk tahun 2068, para astronom sebelumnya telah mengesampingkan kemungkinan bisa bertabrakan dengan Bumi. Pengamatan baru, bagaimanapun, yang disajikan para ilmuwan pada pertemuan virtual American Astronomical Society awal tahun ini, telah mengungkapkan kemungkinan yang mengejutkan.

Jadi mengapa terjadi perubahan orbit? Asteroid menyerap sinar matahari saat jatuh melalui tata surya. Untuk menjaga kesetimbangan termal, asteroid akan memancarkan energi matahari sebagai panas. Ini menghasilkan gaya yang menyebabkan mereka semakin cepat dan, pada gilirannya, mengubah orbit asteroid.


NASA dan badan antariksa lainnya terus memantau objek yang berpotensi berbahaya untuk mengetahui efek yang mengubah orbit ini. Ini penting dalam kasus asteroid seperti Apophis, yang dijadwalkan menyapu sangat dekat dengan Bumi. Untungnya, kami sedang mempersiapkan skenario yang tepat ini.


Misi DART tahun 2021 mendatang, akan melakukan gladi bersih kritis di mana pesawat ruang angkasa kecil akan menabrak asteroid kecil dalam upaya untuk menjatuhkannya dari jalur. Skenario Ini hanya uji coba, tetapi ini akan memberikan banyak data kepada badan antariksa dunia yang dapat digunakan untuk membangun pencegah asteroid nakal yang mungkin tiba-tiba menemukan diri mereka bertabrakan dengan Bumi. Mirip kan dengan scenario di Film Armageddon.

Penulis: Tata